• 0 Items - Rp 0
    • No product in the cart.

Blog

Perpipaan & Plumbling

mikir

Mengenal Istilah OD, SDR, dan PN

CV. SOLUSI BERSAMA adalah Distributor untuk Perpipaan dan Sambungan Pipa. Kami menjual berbagai macam pipa, sambungan, mesin las pipa, dan juga aksesoris untuk piping maupun plumbing. Selain berbagai material untuk perpipaan, kami juga menerima permintaan untuk SURAT DUKUNGAN. Dan bagi anda yang membutuhkan SERTIFIKAT JAMINAN KUALITAS dan SERTIFIKAT PENYAMBUNGAN PIPA (HDPE) silahkan hubungi kami. Kami adakah SOLUSI TERBAIK untuk urusan perpipaan anda.

Saya sering menjumpai beberapa customer yang ingin order Pipa HDPE, mereka bingung dengan istilah yang ada dalam Pipa HDPE. Yang sering mereka tanyakan adalah tentang OD, SDR, dan PN.

Mengenal Istilah OD, SDR, dan PN http://solusibersama.co.idDi postingan ini akan saya bahas tentang apa itu OD, SDR, dan PN

  • OD (Outside Diameter)
    Outside Diameter adalah diameter luar yang dimiliki oleh Pipa HDPE. OD berpengaruh pada ketebalan dinding Pipa tersebut.
  • SDR (Standard Dimension Ratio)
    Yang dimaksud Standard Dimensional Ratio adalah korelasi antara dimensi pipa dan ketebalan dinding pipa.

    Standard dimension ratio adalah metode untuk menilai daya tahan pipa terhadap tekanan. SDR biasanya tersedia mulai SDR 26, SDR 21, SDR 17, SDR 11, SDR 9, dan SDR 7

  • PN (Pressure Nominal)
    Pressure Nominal adalah Nominal Tekanan air yang melewati pipa Tekanan ini berhubungan banyaknya air yangakan lewat pipa. Setiap jenis pipa memiliki tekanan yang berbeda-beda. Satuan dari PN ini adalah BAR atau kg/cm². PN tersedia mulai PN 6.3, PN 8, PN 10, PN 12.5, PN 16, PN 20 dan PN 25.
  1. Tekanan Pipa HDPE PN-6,3

    Ukuran tekanan pipa ini, merupakan jenis pipa HDPE paling kecil. Merupakan jenis tekanan pipa jenis HDPE paling kecil, dengan nominal tekanan 6.3 kg/cm2. Jenis pipa ini memiliki tebal dinding paling tipis dengan diameter pipa mulai dari 3 inch (90mm) hingga 24 inch (630mm). Dibandingkan dengan jenis yang lainnya, harga dari pipa ini juga lebih murah. Digunakan untuk aliran air bertekanan rendah atau tanpa tekanan. Terkadang pipa ini juga sering digunakan untuk pelindung kabel karena tebal dinding pipa lebih tipis dibanding jenis lain.

  2. Tekanan Pipa HDPE PN-8

    Jenis pipa ini tersedia untuk tekanan 8 bar atau 8 Kg/cm2. Tersedia untuk diameter 75 mm hingga 630 mm saja. Merupakan jenis pipa dengan ketebalan dinding pipa tertipis kedua setelah PN 6,3 . Cocok untuk saluran air bertekanan rendah atau tak sampai 8 Kg/cm2 atau 8 bar.

  3. Tekanan Pipa HDPE PN-10

    Jenis ini merupakan varian tekanan pipa HDPE yang paling sering digunakan. Tekanan pipa sekitar 10 Kg/cm2 dengan jenis diameter 50mm hingga 630mm. Popularitas jenis pipa ini di pasar, membuat stok sering berlimpah, jadi sangat mudah ditemukan. Bisa digunakan untuk semua jenis saluran air yang memiliki tekanan dan bisa digunakan untuk penyambungan dengan jenis pipa yang lainnya.

  4. Tekanan Pipa HDPE PN-12,5

    Tekanan pipa HDPE 12,5 kg/cm2 paling cocok bila alternatif tekanan 10 Kg/cm2 dianggak kurang besar sedikit. Jenis pipa ini cocok digunakan pada saluran air yang di daerah perkotaan hingga daerah yang kontur tanahnya sulit. Ukuran pipanya tersedia untuk ukuran 50 mm sampai 630 mm. Walaupun tulisannya 12,5 bar, namun jenis tekanan ukuran pipa HDPE ditoleransi hingga 1,5 kalinya. Dan hal ini juga berlaku untuk jenis pipa yang lainnya.

  5. Tekanan Pipa HDPE PN-16

    Tekanan pipa ini dikenal dengan tekanan pipa 16 bar atau jenis dengan ketebalan dinding paling besar. Semua ukuran diameter produk pipa memiliki tekanan ini atau untuk diameter 1/2 inch (20mm) hingga 24 inch (630mm). Pipa dengan tekanan yang besar ini digunakan untuk saluran air yang tekanannya besar. Bahkan bisa digunakan untuk saluran air yang siap konsumsi.

LEAVE A COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!