• 0 Items - Rp 0
    • No product in the cart.

Blog

Perpipaan & Plumbling

2915734_b8b9ce15-85c4-4284-b486-e461a3d4fda5
Artikel Lengkap Seputar Pipa PP-R | Harga Terbaik PP-R | Update Mei 2019///solusibersama.co.id
Pipa PP-R Untuk Saluran Air Dingin dan Panas Bertekanan

Sudah banyak sekali tersedia berbagai macam pipa dengan kualitas masing-masing disekitar kita. Selain pipa HDPE yang dikenal sebagai pipa untuk menyalurkan air bersih dan berstandart food grade, Anda juga harus mengenal pipa yang satu ini yaitu pipa PP-R. Tidak semua orang mampu memilih pipa yang berkualitas baik dan mudah dalam penggunaannya. Disini akan dijelaskan seputar pipa PP-R secara lengkap dan jelas.

APA SIH PIPA PP-R ITU?

PP-R adalah singkatan dari Polypropylene Random merupakan plastik yang berasal dari minyak bumi yang memiliki karateristik unik. Keunikan dari material ini adalah tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah dan tahan terhadap tekanan tinggi. Dari karakteristiknya dapat diketahui material PP-R digunakan untuk membuat pipa yang dapat mengalirkan air panas dan air dingin bertekanan.

Selain dapat mengalirkan air panas pipa PP-R juga dapat digunakan untuk instalasi pipa pendingin ruangan dan pipa PP-R memiliki sifat tahan terhadap bahan kimia dan juga dapat digunakan untuk mengalirkan air siap minum atau makanan cair karena dari bahan non-toxic dan anti karat. Pipa jenis ini sudah sangat dikenal di dunia dan telah menggeser penggunaan pipa logam yang materialnya mudah berkarat dan berat. Pipa PP-R ini banyak digunakan di hotel, apartemen, rumah sakit, perumahan hingga industri.

BAGAIMANA CARA PEMASANGAN PIPA PP-R?

Pada dasarnya untuk penyambungan pipa PP-R tersebut ada 2 (dua) teknik yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Teknik Polyfusion Machine, penyambungan ini dapat digunakan dari ukuran 16mm hingga 63mm. Teknik yang menggunakan alat pemanas sederhana, disisi lain karena bentuknya yang ringkas dan sebesar ukuran buku A4 saja maka alat ini mudah dibawa dan cocok digunakan untuk daerah yang lingkungannya hanya mempunyai space kecil. Pertama, pasang matrice lalu hidupkan dan setting temperatur hingga 260˚C kemudian potong kurang lebih 1 cm ujung pipa yang akan disambung, pastikan hasil potongan rata tegak lurus. Kedua, beri tanda kedalaman socket dikurangi 1mm hingga 2mm pada pipa sebagai jarak penyambungan. Ketiga, panaskan pipa dan fitting pada matrice, kemudian keluarkan lalu sambungkan pipa dan fitting. Pada proses penyambungan jangan sampai memutar pipa PP-R maupun fitting setelah itu sistem instalasi siap digunakan setelah waktu pendinginan tercapai.
  2. Teknik Welding Machine, penyambungan pipa PP-R dengan teknik ini biasanya dengan menggunakan alat yang dilengkapi dengan klem fitting dua sisi dan klem ini bisa dimaju atau mundurkan secara manual. Untuk prosesnya tidak berbeda jauh dengan penggunaan teknik Polyfusion Machine.

APA SAJA KEUNGGULAN PIPA PP-R?

  • Tidak berkarat
  • Tidak terjadi pengerakan pada dinding bagian dalam pipa karena dalam pipa sangat licin
  • Memenuhi standart untuk instalasi pemanas air siap minum (Drinking Water)
  • Sistem pengerjaannya sangat mudah dan cepat
  • Hasil sambungan pipa bersenyawa dengan fitting sehingga tidak akan terjadi kebocoran
  • Biaya secara keseluruhan akan lebih murah
  • Tahan terhadap tekanan dan temperatur tinggi dan bahan kimia
  • Tahan benturan terhadap benda keras dan tidak mudah pecah seperti pipa plastik lain

DIMANA UNTUK MENDAPATKAN HARGA TERBAIK PIPA PP-R?

Sudah banyak di lingkungan kita yang menyediakan pipa PP-R tapi tidak semua tempat memberikan harga yang terbaik. Disini kami CV. SOLUSI BERSAMA akan melayani setiap kebutuhan perpipaan Anda dengan memberikan layanan dan harga terbaik.

Kami juga akan memberikan harga dan diskon khusus serta akan ada bonus menarik. Dan dapatkan CASHBACK hingga 10% dari kami.

LEAVE A COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!